Kirim Pertanyaan Anda Ke alamat Email ini: konsultasiantasari@gmail.com

Thursday, December 26, 2013







Assalammualaikum Wr. Wb.
Saya mendapatkan pekerjaan baru sebagai penjaga toko. Yang menjadi masalah adalah pelanggan toko di tempat saya bekerja kabur (tidak lagi menjadi pelanggan tetap) dikarenakan toko  tersebut telah tutup selama 3 bulan.

Pertanyaannya, bagaimana cara agar menarik kembali para pelanggan tetap yang kabur. Untuk jawabannya saya ucapkan terimakasih.
Ifan, Kelayan.

Wa’alaikumussalam, Wr. Wb.
Salam untuk ifan, dan semoga selalu bersemangat dalam bekerja untuk mencari rezki yang halal, karena mencari rezeki atau berusaha itu adalah suatu kewajiban bagi orang Islam. 

Permasalahan anda ini disebabkan oleh kesalahan anda, jadi wajar saja jika pelanggan marah dan tidak lagi berkunjung ke toko untuk membeli produk anda. Akan tetapi hal ini bisa dijadikan pembelajaran dalam berbisnis serta menambah pengalaman. Yang saya maksud adalah bahwa apabila anda  mempunyai rencana untuk menutup usaha dalam jangka waktu yang lama, anda bisa memberitahu kepada pelanggan anda bahwa toko akan tutup untuk sementara waktu.

Adapun pertanyaan seputar solusi untuk menarik kembali pelanggan yang telah berhenti membeli produk anda sebagai berikut:
Pertama, cobalah untuk menghubungi kembali pelnggan anda, bisa dengan mengirim sms yang memberitahukan bahwa anda telah membuka kembali usaha.
Kedua, anda bisa memberikan discount kepada pelanggan setia agar mereka merasa senang dan tertarik untuk membeli produk anda.
Ketiga, beritahukan kepada para pelanggan anda bahwa ada beberapa merek terbaru di toko anda  dengan sedikit gambaran. Mungkin para pelanggan merasa tertarik untuk mengetahui merek terbaru produk anda dan ingin mencobanya.
Keempat, anda bisa menyebarkan brosur ke masyarakat yang tinggal di sekitar toko anda. Mungkin cara ini bisa memberitahu pelanggan anda dan mendatangkan pelanggan-pelanggan baru.

Semoga beberapa tips di atas bisa membuat para pelanggan anda mau kembali berbelanja di toko anda.
Amiinn...

Wassalammua’alaikum Wr. Wb.

Konselor: Ibu Raden Yani Gusriani, SE, MM (Ketua Jurusan BPI Fakultas Dakwah & Komunikasi IAIN Antasari Banjarmasin)
Categories:

0 comments:

Post a Comment