Saya
mendapatkan pekerjaan baru sebagai penjaga toko. Yang menjadi masalah adalah
pelanggan toko di tempat saya bekerja kabur (tidak lagi menjadi pelanggan
tetap) dikarenakan toko tersebut telah tutup
selama 3 bulan.
Pertanyaannya,
bagaimana cara agar menarik kembali para pelanggan tetap yang kabur. Untuk
jawabannya saya ucapkan terimakasih.
Ifan, Kelayan.
Wa’alaikumussalam,
Wr. Wb.
Salam untuk
ifan, dan semoga selalu bersemangat dalam bekerja untuk mencari rezki yang
halal, karena mencari rezeki atau berusaha itu adalah suatu kewajiban bagi orang Islam.
Permasalahan
anda ini disebabkan oleh kesalahan anda, jadi wajar saja jika pelanggan marah
dan tidak lagi berkunjung ke toko untuk membeli produk anda. Akan tetapi hal
ini bisa dijadikan pembelajaran dalam berbisnis serta menambah pengalaman. Yang
saya maksud adalah bahwa apabila anda mempunyai
rencana untuk menutup usaha dalam jangka waktu yang lama, anda bisa memberitahu
kepada pelanggan anda bahwa toko akan tutup untuk sementara waktu.
Adapun
pertanyaan seputar solusi untuk menarik kembali pelanggan yang telah berhenti
membeli produk anda sebagai berikut:
Pertama, cobalah untuk menghubungi kembali pelnggan anda, bisa dengan
mengirim sms yang memberitahukan bahwa anda telah membuka kembali usaha.
Kedua, anda bisa memberikan discount kepada pelanggan setia agar mereka
merasa senang dan tertarik untuk membeli produk anda.
Ketiga, beritahukan kepada para pelanggan anda bahwa ada beberapa merek
terbaru di toko anda dengan sedikit
gambaran. Mungkin para pelanggan merasa tertarik untuk mengetahui merek terbaru
produk anda dan ingin mencobanya.
Keempat, anda bisa menyebarkan brosur ke masyarakat yang tinggal di
sekitar toko anda. Mungkin cara ini bisa memberitahu pelanggan anda dan
mendatangkan pelanggan-pelanggan baru.
Semoga beberapa
tips di atas bisa membuat para pelanggan anda mau kembali berbelanja di toko
anda.
Amiinn...
Wassalammua’alaikum
Wr. Wb.
Konselor: Ibu Raden Yani Gusriani, SE, MM (Ketua Jurusan BPI Fakultas Dakwah & Komunikasi IAIN Antasari Banjarmasin)
0 comments:
Post a Comment